Thierry Henry Melawan Negaranya Sendiri

Perancis akan bertemu dengan belgia. Dan pemain fenomenal Prancis Mbappe, meyakini pertandingan yang mengadukan Prancis dan Belgia nanti di babak semi-final Piala Dunia 2018 pastinya akan aneh untuk pemain Belgia Thierry Henry.

Pemain muda berbakat Prancis Kylian Mbappe mengaku merasa aneh ketika mengetahui dirinya bertanding melawan Thierry Henry yang akan bermain bersama timnas Belgia dengan jabatannya sebagai asisten manajer Belgia.

Henry masih berada di posisi teratas top skorer timnas Prancis sepanjang masa, tetapi sekarang dirinya harus melawan negara kelahirannya untuk membela timnas Belgia di babak semi-final Piala Dunia 2018, yang jika melihat jadwal akan digelar di St. Petersburg pada Rabu (11/7) dini hari WIB lusa.
Pada waktu masih kecil Mbappe menjadikan sosok Henry sebagai figur idolanya dan dengan pertandingan nantinya dirinya merasa pertandingan agak janggal.
“Akan terasa aneh untuk kembali bertemu Henry. Dia adalah seseorang yang sangat saya sukai,” kata Mbappe kepada Telefoot.
Dia mengaku dirinya menghormati Terry dan mengatakan bahwa Terry adalah pemain yang hebat. Kemudian melihat Terry yang sebagai orang Prancis akan duduk di bangku cadangan Belgia menjadi hal yang aneh bagi Mbappe.

Kondisi dimana Henry akan membantu Belgia, langsung merusak namanya. Pasalnya banyak pihak yang mengatakan bahwa Henry adalah pengkhianat Prancis. Tetapi pendapat dari mantan Manajer Arsenal, Arsene Wenger berbeda dari kebanyakan orang. Menurut Wenger, kondisi yang saat ini dijalankan Henry bukanlah suatu bentuk atau tindakan yang mengkhiati Prancis. Ditambah lagi tidak ada yang mengekspektasi kalau Prancis akan melawan Belgia.
“Tidak, dia bukan pengkhianat. Ini hanyalah sebuah kesempatan baginya untuk mempelajari pekerjaannya tanpa merasakan tekanan,” ujar Wenger, seperti dilansir dari ESPN, Senin (9/7/2018).
Pendapat yang sejenis juga diberikan ketua Federasi Sepakbola Prancis (FFF), Noel Le Graet. Menurut pendapat Le Graet, tidak ada hal yang salah sama sekali dengan keadaan ini. Dulunya Henry memilih untuk bergabung dengan Timnas negara Belgia karena FFF memang tidak memberikan sang legenda kontrak bermain. Le Graet juga menambahkan bahwa dirinya sedikit menyesal karena harus kehilangan Henry, ditambah lagi mereka harus melawan Henry. Le Grate mengatakan dirinya tidak memberikan Henry tawaran karena Henry sendiri memiliki kontak yang sedikit dengan FFF, sehingga Le Grate hilang kontak dengan Henry.
Pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 antara Prancis dan Belgia nantinya akan menjadi pertemuan ke 74 kali. Belgia berhasil menang sebanyak 30 kali sedangkan Prancis hanya menang 24 kali, sisanya seri.