Rekap pertandingan Perancis vs Uruguay

Rekap pertandingan Perancis vs UruguayHasil pertandingan perempat final Piala Dunia 2018 berakhir dengan Perancis menjadi pemenang 2-0 atas Uruguay. Gol yang datang dari Raphael Varane dan Antoine Griezmann pada Jumat (6/7/2018) di Stadion Nizhny Novgorod kemarin, membuat Timnas Perancis lolos ke babak semifinal Piala Dunia setelah sebelumnya juga masuk ke semifinal di Piala Dunia 2006. Uruguay pun harus menerima kekalahan dan gagal menjadi Juara Dunia.

Perancis menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 disebut-sebut memiliki pemain ‘Generasi emas’. Les Bleus juga mengusir wakil dari Amerika Selatan dan menyisakan Brasil, Brasil sendiri juga sudah memainkan babak perempat finalnya dan harus menerima nasib yang sama dengan Uruguay. Antoine Griezmann, sang pemain kunci, mencetak gol ketiganya di Piala Dunia 2018 dalam laga ini.

Pertandingan Perancis vs Uruguay diawali dengan kontak dan pelanggaran yang lebih banyak daripada peluang mencetak gol. Dua kartu kuning diberikan pada masing-masing tim. Lucas Hernandez menjadi pemain pertama yang menerimanya pada menit ke-33 karena pelanggaran terhadap Nahitan Nandez. Kartu kuning kedua diberikan kepada La Celeste yang mengakibatkan petaka bagi wakil Amerika Selatan.

Akhirnya setelah menunggu lama, Perancis melakukan tembakan tepat sasaran pertama mereka ke gawang Uruguay pada menit ke-40, dan tembakan itu berubah menjadi gol. Berawal dari pelanggaran yang dibuat Rodrigo Bentancur kepada Corentin Tolisso, Perancis diberikan kesempatan untuk melakukan tendangan bebas.

Bola yang datang dari Antoine Griezmann disundul oleh Raphael Varane dan kemudian masuk ke sudut jauh gawang Fernando Muslera. Perancis akhirnya memimpin, dan menjadi kali pertama bagi Uruguay untuk tertinggal di Piala Dunia 2018 setelah lima pertandingan terakhir.
Tertinggal Uruguay mulai melakukan serangan balik. Mereka sempat memiliki kesempatan mencetak gol ketika bola tendangan Lucas Torreira datang ke Martin Caceres kemudian berhasil disundul di menit ke-42. Tetapi, Hugo Lloris berhasil menghalau bola dengan cara menjatuhkan diri. Meskipun Diego Godin berada dalam posisi yang pas untuk rebound, tetapi sang bek tengah memilih untuk menembak dengan keras dan gagal.

Keadaan tertinggal dan tidak ada gol, Uruguay akhirnya memasukkan Cristian Rodriguez dan Maxi Gomez. Mereka kemudian melakukan penyerangan lagi ke Perancis. Nampaknya mereka melakukan kesalahan, bukan gawang Perancis yang kebobolan malahan Uruguay yang menjadi korban. Di menit ke-61, serangan balik super cepat Perancis bermula dari berhasilnya Paul Pogba mendapatkan bola.

Pogba melakukan tendangan umpan kepada Corentin Tolisso yang kemudian pada disodorkan kepada Antoine Griezmann. Dari luar kotak penalti, Griezmann mengambil posisi untuk melakukan tembakan yang tampak mudah ditangkal oleh Fernando Muslera. Namun sang kiper melakukan kesalahan, dengan bola lepas dari tepisannya, dan jatuh bergulir masuk gawang. Skor 0-2.

Menit ke-67 terjadi sesuatu yang menarik. Mbappe sempat terjatuh dan langsung kesakitan ketika menjalin kontak dengan Cristian Rodriguez. Mengetahui Mbappe melakukan diving Diego Godin terpancing untuk langsung menariknya bangkit. Karena hal ini beberapa pemain Perancis dan Uruguay langsung berkerumun dan saling cek-cok. Karena tidak ada yang mau mengalah Mbappe dan Rodriguez masing-masing menerima kartu kuning.

Pertandingan berlangsung dan pada sisa pertandingan tidak ada peluang berarti bagi Uruguay. Perancis melakukan taktik membuang waktu dengan memasukkan tiga pemain secara bertahap. Skor akhir 0-2, Les Bleus melaju ke semifinal.