Konfirmas Penggunaan VAR di UEFA

UEFA yang memberikan konfirmasi jika penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di ajang pertandingan Liga Champions bukanlah cuma sebuah rencana belaka. VAR bakal segera dilaksanakan pada ajang pertandingan Liga Champions pada 2019/2020.
UEFA memang sebelumnya melakukan penundaan dalam menggunakan VAR di ajang pertandingan Liga Champions, walau sebagian liga top Eropa telah memakai teknologi ini. Cabang utama asosiasi sepakbola negara-negara Eropa ini baru saja memiliki rencana untuk menggunakannya diajang Liga Champions pada 2019/2020.
Sekarang UEFA sudah membuat kepastian jika hal itu bukan lagi cuma sebuah rencana belaka. VAR diyakini bakal dipakai di Liga Champions musim itu, dengan ditambah pertandingan lainnya di bawah urusan UEFA.
Liga Europa bakal memakai VAR bermula musim 2020/2021, sedangkan ajang Piala Super Eropa 2019 telah memanfaatkan penggunaan teknologi ini. Teknologi ini juga bakal dijalankan di ajang pertandingan Piala Eropa 2020 dan babak final UEFA Nations League 2021.
“Kami sangat optimis jika menggunakan VAR pada bulan Agustus 2019 bakal memberikan kami waktu yang cukup dalam meletakkan sistem yang oke dan untuk melatih ofisial-ofisial kompetisi, dalam memastikan penggunaan VAR yang efektif dan sukses di UCL, pertandingan klub terunggul di dunia,” papar Presiden UEFA Aleksander Ceferin.
Dengan mengenai masalah penggunaan VAR, Liga Australia ialah liga profesional pertama yang memakai teknologi ini di tahun 2017 lalu. MLS Amerika Serikat seketika menyusul memakai teknologi ini, dengan diikuti oleh Bundesliga Jerman, Serie A Italia di Eropa, dan La Liga Spanyol.
Dari FIFA, teknologi ini telah digunakan di ajang Piala Dunia 2018 lalu. Yang sebelumnya FIFA membuat ujinya di Piala Konfederasi 2017.