Fernando Hierro Mundur Sebagai Pelatih Spanyol Sehabis Piala Dunia

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Luis Rubiales, awalnya belum dapat memputuskan masa depan pelatih Fernando Hierro sejak tersingkirnya Timnas Spanyol dari Piala Dunia 2018. Hierro yang menjadi pelatih pengganti setelah dipecatnya Julen Lopeteguui dua hari menjelang turnamen turnamen Piala Dunia 2018.

Rubiales tak meletakkan penyebab kekalahan Spanyol kepada Hierro. Malahan dirinya mengaku bangga atas pencapaian dari Tim Matador Piala Dunia 2018 walaupun ujung-ujungnya harus pulang lebih cepat dari ekspektasi.

Spanyol mengambil keputusan yang mengagetkan, mereka memecat Lopetegui yang terbukti dapat mendongkrak kualitas tim sejak gagal di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016. Pemecatan itu diberikan kepada Lopetegui karena dianggap sudah melakukan pengkhianatan. Dirinya membuat kesepakatan dengan Real Madrid sebelum masa jabatannya habis.

Di bawah pelatihan Fernando Hierro, jejak Spanyol di Piala Dunia 2018 tidak kian mulus. Di babak penyisihan grup, Spanyol hanya berhasil menang sekali itupun atas Timnas Iran sisanya mereka hanya dapat bermain dua kali imbang melawan Portugal dan Maroko.

Berikutnya perjalanan tim matador harus terhenti setelah pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 ketika pada hari minggu kemarin mereka kalah 3-4 dalam babak adu pinalti melawan tuan rumah Rusia. Pada pertandingan penuh sebelumnya, Spanyol berhasil mendominasi jalannya permainan , tetapi tetap gagal menjinakkan Rusia sehingga akhirnya pertadingan selesai dengan skor imbang 1-1.

Kiper Spanyol, David de Gea mengkonfirmasi bahwa kondisi tim saat Piala Dunia 2018 dalam keadaan yang kacau. Karena itu kita melihat permainan jelek yang dibawa dari timnas Spanyol dilapangan hijau.
Sekarang datang kabar yang menjelaskan soal masa depan Fernando Hierro. Federasi Sepakbola Spanyol akhirnya memutuksan, Hierro tidak akan lagi bertanggung jawab sebagai juru latih La Roja dikarenakan gagalnya tim melawan Rusia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018
“Setelah beberapa kilometer berjalan bersama, Federasi Sepakbola Spanyol dan Fernando Hierro mengakhiri hubungan mereka setelah partisipasi Spanyol di Piala Dunia di Rusia berakhir. Pelatih menolak ke posisi sebelumnya sebagai direktur olahraga RFEF untuk mencari tantangan profesional yang baru,” demikian pernyataan resmi RFEF.

Untuk kabar berikutnya soal siapa yang akan mengganti Fernando masih belum jelas. Tetapi pastinya Federasi Sepak Bola Spanyol akan mengganti Fernando dengan pelatih yang lebih handal. Dengan hilangnya Fernando dan Lopetegui siapakah yang mampu menggantikan pelatih ini?