Fakta Pertandingan Russia vs Kroasia

Fakta Pertandingan Russia vs KroasiaPertandingan perempat final yang mempertemukan Timnas Kroasia dengan Timnas tuan rumah Russia berakhir dengan kalahnya tuan rumah. Tetapi Timnas Kroasia kembali harus menang dengan menempuh perjalanan panjang di perempat final Piala Dunia 2018. Vatreni yang merupakan julukan Kroasia berhasil masuk ke babak semifinal setelah mengalahkan Russia lewatadu penalti 4-3 yang mana pertandingan penuh selesai imbang 2-2 di Stadion Nizhny Novgorod, Sabtu (7/7).

Ada beberapa fakta yang tidak boleh dilewatkan dengan suksesnya Luka Modric dan kawan-kawan masuk ke semifinal Piala Dunia 2018.
Kroasia sebelumnya berhasil melangkah dari 16 besar ke perempat final setelah menyingkirkan Denmark melalui drama adu penalti. Hal yang sama dilakukan oleh dengan Russia, mereka berhasil menang atas Spanyol lewat adu penalty setelah pertandingan berakhir seimbang 1-1.

Dengan kemenangan atas tuan rumah Russia, Kroasia nantinya akan menghadapi Inggris di babak semifinal. The Three Lions yang berhasil masuk ke babak semifinal Piala Dunia 2018 terlebih dahulu setelah mengalahkan Swedia dengan skor 2-0.
Adapun tujuh fakta yang patut di ketahui soal berhasilnya Kroasia masuk ke semifinal Piala Dunia 2018. Fakta ini dikutip dari Opta:
1. Babak Semifinal Piala Dunia 2018 menjadi semifinal kedua kalinya bagi Kroasia, yang mana mereka juga pernah ke fase ini 20 tahun yang lalu atau pada Piala Dunia 1998.
2. Kroasia berhasil menyamai rekor Argentina yang masuk ke babak perempat final dan babak semifinal melalui dua kali adu penalti pada Piala Dunia 1990.
3. Pertandingan Rusia vs Kroasia yang berakhir dengan adu penalty menjadi ajang adu penalti keempat pada turnamen Piala Dunia 2018 dunia di Rusia. Ditambah lagi hal yang pertama kali terjadi di Piala Dunia 2018 dimana ada gol tercipta pada babak tambahan 2×15 menti.
4. Gol penyama skor Rusia yang sebelumnya dilakukan Domagoj Vida pada menit-100 menjadi 2-2 berhasil dicetak Mario Fernandes pada menit ke-115, gol ini sekaligus menjadi gol pertama Mario pertandingan internasional membela negaranya.
5. Sejak tahun 1986 setidaknya minimal terdapat satu laga pada babak perempat final yang harus dilanjutkan ke babak tambahan dan adu penalty.
6. Ditambah dengan pertandingan tadi malam, Rusia berhasil mencetak total 11 gol dari 17 kali pencobaan di Piala Dunia 2018 pada babak normal pertandingan.
7. Russia gagal bergabung dengan lima tim tuan rumah Piala Dunia yang dapat bermain di perempat final dan berhasil masuk ke semifinal Piala Dunia.
Kemangan Kroasia nantinya akan membawa Kroasia lebih dekat menjadi Juara Piala Dunia. Dan meskipun Russia kalah, Russia mampu menunjukkan kemampuannya. Dianggap hanya beruntung pada pertandingan melawan Spanyol, Russia berhasil menghancurkan pendapat orang-orang dan menunjukkan bahwa mereka memang tim berkualitas.